Mengenal macam dan bentuk Interview

Interview

Mungkin rekan-rekan professional sudah sering menghadapi situasi interview ketika melamar pekerjaan, di kesempatan ini kami ingin me-refresh beberapa macam dan bentuk interview yang pernah admin lalui

  1. Face to Face Interview (mungkin ini paling sering)
  2. Phone Interview
  3. Video Call/Skype Interview
  4. Audience Interview

Ada beberapa bentuk interview lain yang pernah admin lalui salah satunya interview sambil makan malam dengan user (termasuk dalam kategori face to face), interview ini terasa lebih nyaman, karena bisa dilalui dengan suasana bersahabat dan tanpa ada banyak pressure, tidak banyak user yang pernah menawarkan interview dalam bentuk ini… tp jangan salah meskipun suasana bersahabat selama makan malam ternyata pertanyaan-pertanyaan yang diajukan calon user cukup teknis… seperti bagaimana anda mendetermine weight progress EPCI, bagaimana anda menghitung progress engineering ketika MDR tidak tersedia, dan apakah anda bisa baca drawing

Dari ke 4 macam interview diatas, yang admin rasakan paling berkesan adalah tipe no 4 yaitu audience interview, singkat cerita, kebetulan admin dalam proses untuk melamar ke salah satu shipyard terbesar yg berlokasi di Asia Timur, HR dari calon employer saat itu menghubungi admin untuk mempersiapkan slide presentasi meliputi siapa kita, apa yang kita lakukan selama ini, lokasi interview saat itu di negeri Jiran, di salah satu hotel terkenal di dunia.. admin merasa terhormat untuk mendapat kesempatan ini dan admin berusaha mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mendapat hasil yang maksimal

Admin mendapatkan jadwal interview pertama di pagi hari, begitu sampai di lobby hotel admin langsung menuju resepsionis kemudian diarahkan ke HR yang sudah menunggu dengan ramahnya di lobby.. oh iya karena ini berupa audience interview, HR mewajibkan saya untuk memakai Jas dan dasi (awalnya saya tidak paham kenapa harus pakai jas dan dasi), setelah itu HR mengantar saya ke dalam lift dan kita menuju ke-salah satu lantai yang paling tinggi di hotel itu, keluar dari lift, terlihat label “President Suite”, admin diminta masuk kedalam kamar, dan menunggu di ruang tamu di dalam kamar tersebut… setelah siap, HR memanggil masuk kedalam suatu ruangan yang ternyata seluas kamar tidur yang saya lewati sebelumnya, di ruangan tersebut sudah berjejer direksi dari calon employer, mereka saling mengenalkan diri dan semuanya menggunakan Jas resmi (plus berdasi) – Nah sekarang admin baru paham kenapa saya harus menggunakan jas dan dasi.

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: